Cara Menjaga Performa Komputer atau Laptop Tetap Optimal

Cara Menjaga Performa Komputer atau Laptop Tetap Optimal
Cara Menjaga Performa Komputer atau Laptop Tetap Optimal

Seiring berkembangnya zaman, berkembang pula teknologi. Komputer dan laptop adalah produk teknologi yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari manusia untuk mengerjakan tugas seperti menulis, mengedit, mengerjakan tugas kantor, tugas sekolah dan sebagainya.

Yang namanya barang elektronik pasti akrab dengan halnya kerusakan, untuk itu kita perlu menjaga baik-baik komputer atau laptop kita agar bekerja tetap otimal dan stabil dengan melakukan kiat-kiat tertentu seperti membersihkannya dari debu, menjauhkannya dari air, lebih lanjut silahkan simak poin-poin berikut untuk menjaga performa komputer atau laptop tetap optimal.

1. Melakukan Pembersihan Cache

Cache berfungsi untuk mempercepat akses data atau informasi pada komputer karena sebelumnya pengguna sudah mengakses datanya sehingga meringankan kerja processor, dengan banyaknya cache tertumpuk pada memori maka komputer yang kamu pakai sehari-hari bisa saja menjadi lambat, yang harus kamu lakukan untuk mengatasinya adalah dengan cara membersihkannya, saya sarankan pakai aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner atau bisa juga dengan cara menekan logo windows + r lalu akan keluar box dialog "RUN" lalu ketik perintah %temp% kemudian enter, ketika sudah masuk kedalam folder tersebut. Selanjutnya, kamu bisa menghapus file dan folder pada directory tersebut.

2. Menggunakan Antivirus

Komputer pasti tidak lepas dengan yang namanya virus, virus bisa saja hinggap ke sistem karena kelalaian pengguna yang secara sengaja tidak sengaja menginstall software-software yang tidak jelas asalnya. Kita membutuhkan antivirus untuk melindungi komputer dari serangan virus, jika kalian memakai sistem operasi Windows 10. Saya rasa Windows Defender saja sudah cukup untuk mengatasinya tapi jika kamu ingin memasang antivirus lainnya maka terserah saja, yang penting komputer atau laptop kamu tetap aman.

3. Kurangi Program Startup Windows

Program startup merupakan program software yang berjalan otomatis ketika komputer sudah booting, banyaknya program ini berjalan di latar belakang sistem operasi juga membuat komputer menjadi lambat, aktifkan beberapa program yang memang dibutuhkan saja. Untuk menonaktifkannya kamu bisa pergi ke Task Manager lalu ke bilah Start-Up, klik kanan pada program lalu klik disable.

4. Uninstall Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Banyaknya storage (penyimpanan) yang tersedia juga penting agar kamu dapat menyimpan file-file yang kamu perlukan. Itulah sebabnya, kita cukup menginstall aplikasi yang kita perlukan saja. Banyaknya aplikasi yang tidak diperlukan hanya akan membuang-membuang penyimpanan dan membuat sesak sistem operasi dengan aplikasi tidak penting.

5. Defrag Harddisk Secara Berkala

Disk Defragment (Defragment and Optimise Drives) adalah program Windows yang berfungsi untuk merapikan data-data di dalam harddisk, jika data-data sudah "rapi" maka kecepatan dalam mencari data akan lebih efisien dan cepat karena tidak berpencar lagi. Defragment sendiri berfungsi untuk menata file-file harddisk berdasarkan jenis file atau data sehingga akan mempermudah proses read/write.

Penutup

Sebenarnya masih banyak yang dapat kamu lakukan untuk menjaga performa komputer tetap stabil. Tapi, itu saja untuk poin-poin kali ini, nantinya artikel ini akan terus di-update. Oke itu saja tentang cara menjaga performa komputer atau laptop tetap optimal, oiya bagi kamu yang mempunya pengalaman seputar hal diatas silahkan share melalui kolom komentar dibawah. Terimakasih.. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menjaga Performa Komputer atau Laptop Tetap Optimal"

Post a Comment

- Komentar relevan sesuai isi postingan diatas
- Dilarang menyebarkan link aktif
- Tunjukan kualitas dirimu dengan berkomentar yang baik